Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan, dan Kecerdasan Logis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

This study aims to determine the effect of parental education level, environment, and logical intelligence on the mathematical critical thinking skills of class X students at a vocational school in Jakarta in the 2019/2020 school year. This research uses the ex post facto method with a quantitative approach. The population in this study were all students of class X at one of the vocational schools in Jakarta, totaling 260 students. Sampling using a simple random sampling technique. The results of the study found that there was a significant influence on the level of parental education on mathematical critical thinking skills, there was a significant influence on the environment on mathematical critical thinking skills, there was a significant effect of logical intelligence on mathematical critical thinking skills, and there was a significant influence between the educational level of parents. environment and logical intelligence towards mathematical critical thinking skills.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua, lingkungan, dan kecerdasan logis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X pada salah satu SMK di Jakarta pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X pada salah satu SMK di Jakarta yang berjumlah 260 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap keterampilan berpikir kritis matematis, terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap keampilan berpikir kritis matematis, terdapat pengaruh signifikan kecerdasan logis terhadap keterampilan berpikir kritis matematis, dan terdapat pengaruh signifikan antara tingkat pendidikan orang tua, lingkungan dan kecerdasan logis terhadap keterampilan berpikir kritis matematis.