KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Faktor terpenting dari seorang guru adalah kepribadiannya. Karena dengan kepribadian itulah seorang guru bisa menjadi seorang pendidik dan pembina bagi anak didiknya atau bahkan malah sebaliknya akan menjadi seorang perusak dan penghancur bagi masa depan anak didiknya. Kepribadian menjadi unsur yang turut menentukan keakraban guru dengan para peserta didiknya. Sebab, kepribadian inilah yang akan tercermin dalam sikap dan perkataan ketika membina dan membimbing anak-anak didiknya. Pendidikan yang dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah dan masyarakat memerlukan kompetensi dalam arti luas yaitu standar kemampuan yang diperlukan untuk menggambarkan kualifikasi seseorang baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melaksanakan tugasnya. Kepribadian yang sesungguhnya adalah abstrak,sulit dilihat dan tidak bisa diketahui secara nyata, yang dapat diketahui hanyalah penampilan dari segiluarnya saja misalnya : dalam tindakannya, ucapannya, cara bergaul,berpakaian dan menghadapi persoalan atau masalah baik yang ringanatau yang berat. Kepribadian bukanlah sesuatu yang dapat dikenakan ataupun ditanggalkan sebagaimana orang mengenakan pakaian ataupun mengikuti gaya model tertentu. Kepribadian adalah tentang pribadi secara keseluruhan, kepribadian adalah sesuatu yang unik pada diri masing-masing individu.