KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Faktor terpenting dari seorang guru adalah kepribadiannya. Karena dengan kepribadian itulah
seorang guru bisa menjadi seorang pendidik dan pembina bagi anak didiknya atau bahkan malah
sebaliknya akan menjadi seorang perusak dan penghancur bagi masa depan anak didiknya.
Kepribadian menjadi unsur yang turut menentukan keakraban guru dengan para peserta didiknya.
Sebab, kepribadian inilah yang akan tercermin dalam sikap dan perkataan ketika membina dan
membimbing anak-anak didiknya.
Pendidikan yang dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah dan masyarakat
memerlukan kompetensi dalam arti luas yaitu standar kemampuan yang diperlukan untuk
menggambarkan kualifikasi seseorang baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melaksanakan
tugasnya. Kepribadian yang sesungguhnya adalah abstrak,sulit dilihat dan tidak bisa diketahui secara
nyata, yang dapat diketahui hanyalah penampilan dari segiluarnya saja misalnya : dalam
tindakannya, ucapannya, cara bergaul,berpakaian dan menghadapi persoalan atau masalah baik yang
ringanatau yang berat. Kepribadian bukanlah sesuatu yang dapat dikenakan ataupun ditanggalkan
sebagaimana orang mengenakan pakaian ataupun mengikuti gaya model tertentu. Kepribadian adalah
tentang pribadi secara keseluruhan, kepribadian adalah sesuatu yang unik pada diri masing-masing
individu.
Author allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.