UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SHOOTING BOLA BASKET MELALUI MODIFIKASI SARANA PEMBELAJARAN

Abstract

Olahraga bola basket yang dimodifikasi akan mampu mengembangkan keterampilan anak lebih cepat dibanding dengan peralatan standar untuk orang dewasa karena tidak terhalang oleh peralatan yang terlalu berat dan lapangan yang tidak terlalu luas. Selanjutnya olahraga yang dimodifikasi dapat menumbuhkan kegembiraan dan kesenangan pada anak-anak dalam situasi kompetitif dengan memodifikasi sarana pembelajaran. Penggunaan alat bantu sebagai modifikasi sarana pembelajaran bola basket menjadi alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk memancing perhatian siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMPN 1 Muaro Jambi kabupaten Muaro Jambi. Sebelum pelaksanaan tindakan, siswa yang berhasil mencapai batas ketuntasan nilai minimal pada angka 75 untuk hasil belajar shooting bola basket sebanyak 5 siswa dari 26 siswa atau sekitar 19,23%.  Setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan hasil belajar shooting bola basket menjadi 96,2% atau sekitar 25 siswa. Sehingga peningkatan kualitas berupa proses pembelajaran pada kemampuan melakukan gerak dasar shooting bola basket. Jadi modifikasi sarana pembelajaran shooting bola basket telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.