Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan kecanggihan teknologi di era globalisasi sebagai media pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti membuat inovasi untuk menggunakan aplikasi instagram pada proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Berdasarkan dari hasil dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi instagram terhadap hasil belajar siwa kelas V Mata Pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Hal tersebut dilihat dari hasil uji independent t-test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailled) ≤ 0,05 yang bernilai 0,017 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. ABSTRACT : This research is based on the rapid development of information technology that can be used in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in Mathematics in the material of Space Volume at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. This type of research is experimental research. The research design used is Quasi Experimental or quasi-experimental. The population used in this studyis class V at SDN Bakung Temenggungan. The sample used in this study is nonprability sampling, namely class A as many as 20 students and class B 20 students. The data collection technique was carried out in three stages, namely pretest, treatment, and post test. The data analysis technique used the normality test, homogeneity test and t test. The conclusion of this research is the influence of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in mathematics subject matter volume building space at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Recommendations for further research are to use the Instagram application as a learning medium for both mathematics and other subjects