Main Article Content

Viva Aprilya Khasana Heri Setiyawan Noviana Desiningrum

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini dilatar belakangi atas berkembang pesatnya teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Adapun tujuan atas penelitian ini ialah mengetahui pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Yang desain penelitiannya yang dipergunakan merupakan Quasi Experimental atau eksperimen semu. Populasi yang dipergunakan dipenelitian ini ialah kelas V di SDN Bakung Temenggungan. Sampel yang dipergunakan pada penelitian ini ialah nonprability sampling, yaitu kelas A sebanyak 20 siswa dan kelas B 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan tiga tahap, yaitu pretest, treatment atau perlakuan, dan post test.  Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh aplikasi instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah agar memanfaatkan aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran baik pada mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran lain.


ABSTRACT : This research is based on the rapid development of information technology that can be used in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in Mathematics in the material of Space Volume at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. This type of research is experimental research. The research design used is Quasi Experimental or quasi-experimental. The population used in this study is class V at SDN Bakung Temenggungan. The sample used in this study is nonprability sampling, namely class A as many as 20 students and class B 20 students. The data collection technique was carried out in three stages, namely pretest, treatment, and post test. The data analysis technique used the normality test, homogeneity test and t test. The conclusion of this research is the influence of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in mathematics subject matter volume building space at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Recommendations for further research are to use the Instagram application as a learning medium for both mathematics and other subjects.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590
Section
Articles
Media Pembelajaran, Instagram, Hasil Belajar Siswa

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, IV(1),72-89

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayu, R. F. K., Sari, S. P., Setiawan, B. Y., & Fitriyah, F. K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan. Child Education Journal, 1(2), 65-72. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61

Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Firmanjaya, A. (2019). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A di Lingkungan Keluarga. Child Education Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018

Firmansah, M. F. L. H. (2019). Peran Permainan Pohon Angka dalam menstimulasi Pengetahuan Visual Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun. Child Education Journal, 1(1), 44-50. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1016

Hartatik, S., & Fitriyah, F. K. (2017). Identifikasi Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(2), 31 – 33

Hartini, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Melalui Model Koperatif Tipe Make A Math Di Kelas I Tema Pengalamanku SDN 8 Bengkalis Kecamatan Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 246-255

Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127-139

Hudojo, R. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Khairuni, N. (2016). Dampak Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Ahlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). Jurnal Edukasi, 2(1), 91-106

Kurniasih, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Silogisme, 2(2), 61-68

Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160

Mandja, M. (2016). Penggunaan Aplikasi Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar SisWa Kelas VIII A Di SMP Pantekosta Magelang Mengenai Materi Matematika Tentang Faktorisasi Bentuk Aljabar. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Mukhlisin, M. (2016). Peninhgkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V SDN Tlogoadi Mlati Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: Wade Group.

Richardson, V. (!998). How Teachers Change: What will Lead to Change that Most Benefits Student Learning. Focus on Basic, 2(4), 7-11

Sulistyanto, W. (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kraton Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sunhaji, S. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Winkel, W. S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.