Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfiz Alquran di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang

Abstract

Permasalahan bangsa Indonesia saat ini ialah mengalami dekadensi moral, fenomena yang ada di segala kalangan utamanya remaja sudah jauh dari nilai- nilai ajaran Al-Qur’an. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan al-Qur’an mutlak diperlukan. Rumusan penelitian ini mencakup tentang bagaimana konsep pendidikan karakter, perspektif pendidikan karakter dalam al-Qur’an Surat al-Isra’ ayat 23-24, serta al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kajian pustaka), melalui metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 23-24, meliputi nilai tauhid, bakti terhadap kedua orang tua, larangan berkata kasar, rendah hati terhadap keduanya, mendoakan kedua orang tua. Dan pendidikan karakter dalam surat Luqman ayat 12-19, meliputi: bersyukur kepada Allah, larangan menyekutukan Allah, berbakti kepada kedua orang tua, segala amal akan diperhitungkan, serta seruan mendirikan shalat, mengajak kebaikan, mencegah kemungkaran, dan bersabar.