Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfiz Alquran di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang

Penulis

  • Anna Qomariana
  • Lutfi Fitrotul Adkha

Kata Kunci:

Wahdah, tahfiz, pesantren.

Abstrak

Permasalahan bangsa Indonesia saat ini ialah mengalami dekadensi moral, fenomena yang ada di segala kalangan utamanya remaja sudah jauh dari nilai- nilai ajaran Al-Qur’an. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan al-Qur’an mutlak diperlukan. Rumusan penelitian ini mencakup tentang bagaimana konsep pendidikan karakter, perspektif pendidikan karakter dalam al-Qur’an Surat al-Isra’ ayat 23-24, serta al-Qur’an Surat Luqman ayat 12-19. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kajian pustaka), melalui metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surat Al-Isra’ ayat 23-24, meliputi nilai tauhid, bakti terhadap kedua orang tua, larangan berkata kasar, rendah hati terhadap keduanya, mendoakan kedua orang tua. Dan pendidikan karakter dalam surat Luqman ayat 12-19, meliputi: bersyukur kepada Allah, larangan menyekutukan Allah, berbakti kepada kedua orang tua, segala amal akan diperhitungkan, serta seruan mendirikan shalat, mengajak kebaikan, mencegah kemungkaran, dan bersabar.

Referensi

Qur’an (al) dan Terjemah. Diterjemahkan oleh Tim Kementrian Agama Republik Indonesia. Bogor PT.Sigma Examedia Arkanleema, 2007.

Arifin,Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara, 199.

Arikuto,Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan praktek.jakarta: Rineka Cipta, 1997.

As’ad, Zaimudin Wijaya. Metodologi Penelitian.dipresentasikan dalam mata kuliah Metodologi Penelitian.Unipdu jombang, 2016.

Fathoni,Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian Dan Teknik Penysun Skripsi. Jakarta: PT.Rineka cipta, 2016.

Fikriyah, Dzakiyah. Wawancara jombang, 2017.

Maryati, Peningkatan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penerapan Pembelajaran KontekstualPada Siswa Kelas V Sd Negeri Sragen Kecamatan Sragen. ”Skripsi”PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan universitas sebelas maret Surakarta, 2009.

Mudzakir. Studi Ilmu-ilmu Qur’an. Jakarta:PT pustaka litera antarnusa, 2014.

Muhid, Abdul. Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik Dengan SPSS for Windows. Sidoarjo: Zifatama, 2012.

Muna,Walidatul Ibtisam. Wawancara. Jombang, 2017.

Musyafa’ah, Sauqiyah, dkk.. Studi al-Qur’an. Surabaya: IAIN Sunan Ampel press, 2014.

Ra’uf, Abdul aziz. Kiat-Kiat Sukses Menjadi Hafizh Alquran Da’iyah. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Saadah, Nurlaili. Perbandingan Penggunaan Metode Wahdah dan Metode Hanifida Terhadap Kecepatan Menghafal Alqur’an Studi Kasus di pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Sumberbendo Jogoroto dan Pondok Pesantren La Raiba Bandung Diwek Jombang. “Skripsi” Fakultas Agama Islam: Unipdu Jombang, 2015.

Sari, Desi Novita. Efektifitas Metode ODOA (One day One ayat) dalam menghafal Alquran bagi siswa kelas IV SDN Karangtengah 02 weru Sukoharjo. “Skripsi”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.

Sudijino, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:CV. Rajawali, 2014.

Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: PT.Pustaka Baru, 2014.

Wahid, Wiwi Alwiyah. 2010. Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press, 2010.

Wijaya, Ahsin. Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an.Jakarta: AMZAH. 2009.

Zamroni, Mokhamad. Penerapan Metode Wahdah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Furqon Brakas.”Skripsi”. Fakultas agama islam. Institut Agama Islam Negeri Walisogo Semarang, 2011.

Diterbitkan

2019-06-09

Terbitan

Bagian

Artikel