Implementasi Pendekatan Santifik Upaya Membangun Sikap Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak (Di Mts Sudirman Jimbaran, Semarang)
Abstract
Abstrak Selalu terlambat dalam merespon perubahan yang terjadi dimasyarakat sehingga memunculkan beberapa faktor kesenjangan baik itu kesenjangan kemajuan teknologi informasi, maupun kemampuan berfikir kritis dan jernih. Maka dalam mengungkap dan mengembangkan sikap kritis peserta didik diperlukan metode pendekatan yang sesuai. Melalui penelitian lapangan ini dengan jenis penelitian analisis deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif (qualitatif research), dengan pendekatan fenomenologi, sumber data penelitian meliputi pendidik dan peserta didik di Mts Sudirman Jimbaran, Bandungan, Semarang. Kemudian data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik terdapat dua tahap yaitu; pertama, tahap perencanaan diantaranya: menyiapkan RPP, menyiapkan sumber belajar serta menyiapkan media pembelajaran. Kedua, tahap pelaksanaan yang terdiri dari lima langkah diantaranya mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Sedangkan sikap kritis yang terlihat dari peserta didik yaitu peserta didik mampu mengungkapkan ide dan pemikiran yang orisinil dengan cara mengumpulkan dan mengolah informasi lalu mengungkapkanya dalam forum diskusi atau pembelajaran.