PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IIA PGSD MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD KELAS RENDAH

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah dengan menggunakan metode mind mapping. Hipotesis tindakan penelitian adalah jika digunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester II pada matakuliah pendidikan matematika SD kelas rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Design penelitian ini berdasarkan Kemmis and Taggart dengan menggunakan spiral sistem. Setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 70.97% dan peningkatan pada  siklus II berubah menjadi 90,32%. Berdasarkan hasil analisis observasi terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran yaitu dari 80% descriptor yang terlaksana menjadi 95% descriptor yang terlaksana. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah.