PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IIA PGSD MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD KELAS RENDAH

  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Hasil belajar mahasiswa, pendidikan matematika SD kelas rendah, metode mind mapping

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah dengan menggunakan metode mind mapping. Hipotesis tindakan penelitian adalah jika digunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester II pada matakuliah pendidikan matematika SD kelas rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Design penelitian ini berdasarkan Kemmis and Taggart dengan menggunakan spiral sistem. Setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 70.97% dan peningkatan pada  siklus II berubah menjadi 90,32%. Berdasarkan hasil analisis observasi terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran yaitu dari 80% descriptor yang terlaksana menjadi 95% descriptor yang terlaksana. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah pendidikan matematika kelas rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Astuti. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 11-28, Oct. 2016. Issn 2579-9258
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.
Nana Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Indonesia.

Zulfah, Zulfah. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar.Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, [S.L.], N. 2, P. 65-76, Mar. 2018. Issn 2579-9258
Published
2017-05-01
How to Cite
Fadhilaturrahmi, F. (2017). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IIA PGSD MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD KELAS RENDAH. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 112-121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.13
Share |