PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN NEGERI 1 BANGKINANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Abstract

Siswa SMAN 1 Bangkinang kondisi nyata dilapangan menunjukkan hasil belajar matematika yang rendah. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa kelas XI IPA hanya 42 % dari 28 orang siswa. Hal ini berdasarkan analisa ulangan harian yang dilakukan. Secara umum siswa kelas XI IPA selama pembelajaran matematika mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak serta siswa kurang aktif ketika belajar matematika. Strategi pembelajaran yang bersifat konvesional (ceramah) sering embuat siswa kurang berminat dalam belajar matematika. Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Peluang Suatu Kejadian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan 2 siklus pembelajara masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan daya serap dan ketuntasan hasil belajar matematika siswa