PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN NEGERI 1 BANGKINANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

  • Hendra Hendra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperative Tipe STAD

Abstract

Siswa SMAN 1 Bangkinang kondisi nyata dilapangan menunjukkan hasil belajar matematika yang rendah. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa kelas XI IPA hanya 42 % dari 28 orang siswa. Hal ini berdasarkan analisa ulangan harian yang dilakukan. Secara umum siswa kelas XI IPA selama pembelajaran matematika mengalami kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak serta siswa kurang aktif ketika belajar matematika. Strategi pembelajaran yang bersifat konvesional (ceramah) sering embuat siswa kurang berminat dalam belajar matematika. Untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Peluang Suatu Kejadian.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan 2 siklus pembelajara masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu : 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan daya serap dan ketuntasan hasil belajar matematika siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
________________. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Depdiknas, 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.
Depdiknas. 2006. Kurikulum SMA. Jakarta : Depdiknas
Dimyati & Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Elprida, Eka. http//ekaelprida.blogspot.co.id/p/blog-page_4778.html, online diakses tanggal 27 Februari 2017
Hudoyo, Herman, Drs, M.Ed, 1979, Pengembangan kurikulum Matematika dan pelaksanaannya di depan kelas. Surabaya : Usaha Nasional
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press.
Lie, Anita. 20082. Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : PT. Gramedia
Slavin, Robert E, 1996. Psikologi Pendidikan teori dan praktek,(edisi kedelapan), Jakarta :Indeks
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Taufik, M.D., 2012. http://mdtaufiq.blokspot.co.id/2012/12/hasil-belajar-matematika.htlm. Online. Diakses tanggal 23 Februari 2017
Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Published
2018-08-21
How to Cite
Hendra, H. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN NEGERI 1 BANGKINANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29-41. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.47
Share |