Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematik siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta di Kota Cimahi sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif pendekatan yang diterapkan yaitu dengan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengetahui apakah terdapat pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Open-Ended. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pada awal dan akhir pembelajaran, siswa diberikan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs swasta dengan subjek sampelnya adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs swasta di Kota Cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dalam peneltian ini berupa tes sebanyak 5 soal uraian, kemudian data skor kemampuan pemahaman matematik tersebut dianalisis dengan deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, baik dari hasil analisis maupun pengujian hipotesis, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs melalui pendekatan Open-ended dan terdapat pencapai kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs melalui pendekatan Open-ended.