Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs

  • Ulfa Septiani IKIP SIliwangi
  • Luvy Sylviana Zanthy IKIP SIliwangi
Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematik, pendekatan open ended

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematik siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta di Kota Cimahi sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif pendekatan yang diterapkan yaitu dengan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengetahui apakah terdapat pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Open-Ended. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pada awal dan akhir pembelajaran, siswa diberikan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs swasta dengan subjek sampelnya adalah siswa kelas VIII di salah satu MTs swasta di Kota Cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dalam peneltian ini berupa tes sebanyak 5 soal uraian, kemudian data skor kemampuan pemahaman matematik tersebut dianalisis dengan deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, baik dari hasil analisis maupun pengujian hipotesis, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs melalui pendekatan Open-ended dan terdapat pencapai kemampuan pemahaman konsep matematik siswa MTs melalui pendekatan Open-ended.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, N, S. (2017). Pengembangan Lembar Keja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2):13-24.
Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Pusat Kurikulum. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Hendra, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN Negeri 1 Bangkinang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29-41.
Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berfikir Kreatif Matematik Siswa MTs pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung:Tarsito
Suherman, E. et. al. (2003) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurpendik FPMIPA UPI.
Suherman. (2013). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal PendidikanTinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Triyanto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Published
2019-04-27
How to Cite
Septiani, U., & Zanthy, L. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 58-63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75
Share |

Most read articles by the same author(s)