Analisis Keterampilan Dasar Visual Geometri Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Level Berpikir Analisis Van Hiele

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desktiptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan dasar visual geometri siswa pada materi pokok segiempat. Pengambilan sampel subjek menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 3 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 yaitu siswa yang telah mengerjakan tes VHGT dan hasilnya memiliki level berpikir analisis van Hiele. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi dengan melalui 4 langkah analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ketiga siswa yang memiliki level berpikir analisis mampu mencapai setiap indikator keterampilan dasar visual geometri pada materi segiempat, akan tetapi ketiga siswa kesulitan dalam menentukan dasar pengelompokkan pada soal nomor 3 artinya siswa yang sama memiliki level berpikir analisis van Hiele akan memiliki kesamaan dalam menyelesaikan soal.