PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN ”IDEAL” TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada pembelajaran dengan pendekatan “IDEAL” terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi pada pokok bahasan pengukuran di SMP N 1 Tanjungsari. Hasil belajar tersebut mencakup ranah kognitif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest (pada ranah kognitif). Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random dengan menggunakan rumus Cohran. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari, dan sampelnya adalah 28 siswa dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pengajaran dengan pendekatan “IDEAL” terbimbing dengan metode eksperimen dan 28 siswa dari kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pengajaran dengan pendekatan “IDEAL” terbimbing dengan metode demonstrasi. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa ranah kognitif antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tetapi ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada ranah psikomotorik.