PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI GERAK HARMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Nilai rata-rata pelajaran fisika kelas X SMA Al-Washliyah Medan masih dibawah KKN (75).Disebabkan kurangnya pelaksanaan praktikum dikarenakan keterbatasan alat praktikum. Peneliti bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan menetapkan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel keseluruhan kelas X SMA Al-Washliyah Medan yang terdapat dua kelas untuk dijadikan sampel penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen sampel terdiri dari 30 siswa pada masing-masing kelas.Setelah dilakukan perhitungan pada kelas kontrol didapat nilai rata-rata pretes 48,33 dan posttest 69,33 dan pada kelas eksperimen didapat rata-rata pretest 45,00 dan posttest 74,67. Perhitungan pada uji homogenitas dimana Ftabel 1,10 dan Fhitung 1,592 Fhitung < Ftabel sehingga dikatakan kemampuan awal kedua sampel adalah homogen.Perhitungan pengujian hipotesis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh t hitung 3,725 dan t tabel 1,832 t hitung > t tabel sehingga dikatakan ada perbedaan hasil belajar siswa.Pada perhitungan uji N-gain persentase peningkatan kelas kontrol 43,45 % dan peningkatan pada kelas eksperimen 65,93 % sehingga peningkatan hasil belajar sebesar 22,48 %.Hasil tersebut menyimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak harmonik.Selain itu,model project based learning memberikan dampak yang positif bagi proses pembelajaran fisika.