UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITA NBERKOMUNIKASI BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK ISLAM AL-HANANIYAH BODAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif sebab masalah yang diteliti adalah masalah kegiatan dan keadaan atau kondisi yang terjadi dilapangan dan bertujuan untuk memaparkan temuan yang terkait dengan pengajaran Bahasa Arab, kesulitan-kesulitan siswa kelas X dalam berkomunikasi Bahasa Arab dan upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan berkomunikasi Bahasa Arab siswa kelas X di SMK IslamAl-Hananiyah Bodak Praya Lombok Tengah Adapun kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah mempelajari Bahasa Arab khususnya dalam berkomuikasi adalah karna persedian mufradat yang dimiliki siswa masih relatif sedikit atau kurang. Karena mereka juga belum mengenal lingkungan berbahasa maka otomatis lidah mereka masih kaku dalam mengucap kalimat-kalimat Arab, dan kebanyakan siswa berasal dari sekolah negeri. Kesulitan dalam penyusunan kalimat-kalimat dan mereka sering takut salah karena tidak sesuai dengan tata bahasa. Karena juga kurangnya minat dari siswasiswi dalam berkomunikasi Bahasa Arab yang menyebabkan para siswa kesulitan untuk menggunakan BahasaArab untuk berkomunikasi. Pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di SMK Islam Al-Hananiyah Bodak disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku didalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab. Sedangkan tahap pengolahan data, peneliti menganalisis data dengan mengunakan analisis induktif, artinya suatu tehnik analisis data yang berangkat dari pengetahuan bersifat khusus kemudian menuju kesuatu kesimpulan yang bersifat umum. Disamping itu,metode induktif lebih tepat dipergunakan dalam menganalisis data-data kualitatif yang tidak menampilkan angka-angka untuk ditafsirkan. Adapun untuk meningkatkan keabsahaan data dalam penelitian ini, langkah-langkah yang penulis guanakan adalah melakukan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triamulasi dan kecukupan referensi.