Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif sebab
masalah yang diteliti adalah masalah kegiatan dan keadaan atau kondisi yang
terjadi dilapangan dan bertujuan untuk memaparkan temuan yang terkait dengan
pengajaran Bahasa Arab, kesulitan-kesulitan siswa kelas X dalam berkomunikasi
Bahasa Arab dan upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan berkomunikasi
Bahasa Arab siswa kelas X di SMK IslamAl-Hananiyah Bodak Praya Lombok
Tengah Adapun kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah mempelajari Bahasa
Arab khususnya dalam berkomuikasi adalah karna persedian mufradat yang
dimiliki siswa masih relatif sedikit atau kurang. Karena mereka juga belum
mengenal lingkungan berbahasa maka otomatis lidah mereka masih kaku dalam
mengucap kalimat-kalimat Arab, dan kebanyakan siswa berasal dari sekolah
negeri. Kesulitan dalam penyusunan kalimat-kalimat dan mereka sering takut salah
karena tidak sesuai dengan tata bahasa. Karena juga kurangnya minat dari siswasiswi
dalam berkomunikasi Bahasa Arab yang menyebabkan para siswa kesulitan
untuk menggunakan BahasaArab untuk berkomunikasi. Pelaksanaan pengajaran
Bahasa Arab di SMK Islam Al-Hananiyah Bodak disesuaikan dengan kurikulum
yang berlaku didalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab.
Sedangkan tahap pengolahan data, peneliti menganalisis data dengan
mengunakan analisis induktif, artinya suatu tehnik analisis data yang
berangkat dari pengetahuan bersifat khusus kemudian menuju kesuatu
kesimpulan yang bersifat umum. Disamping itu,metode induktif lebih
tepat dipergunakan dalam menganalisis data-data kualitatif yang tidak
menampilkan angka-angka untuk ditafsirkan. Adapun untuk meningkatkan
keabsahaan data dalam penelitian ini, langkah-langkah yang penulis guanakan
adalah melakukan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan,
triamulasi dan kecukupan referensi.

Keywords

upaya guru kesulitan berkomunikasi bahasa Arab

Article Details

How to Cite
Ramzi, Muhajirin, and Adil Imam. 2018. “UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITA NBERKOMUNIKASI BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK ISLAM AL-HANANIYAH BODAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 17 (1):80-95. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v17i1.479.

References

  1. Ahmad Assayyid Al-Hasyimi. A/Qawaidul Al-Lughatul Al-A’rabiyah, Bairut Lubna:
  2. Pen. DarulHikmah, 1985
  3. Azies Furqanuldan AChaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori
  4. dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000
  5. Ahmad Fuad Effendi. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
  6. Cangara Hafied. Pengantar I/mu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007
  7. Departemen Agama. Al-Qur ‘an dan Terjemahan RI, Semarang.CV.Toha Putra,
  8. Faisal Sanafiah. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: PT.Remaja
  9. GrafindoPersada,2001
  10. Kurikulum Madrasah Aliyah.Garis-Garis Besar Program Pengajaran
  11. (GBPP),Departemen Agama RI.Direktorat Jendral Bimbaga,2000
  12. Lexy J. Moleong.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda
  13. Karya, 2008
  14. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005
  15. Nasution S. Metode Research (Penelitian Ilmiyah), Jakarta: PTBumiAksara, 2007
  16. Mustafha Alghalayain. Jamiu ‘uddurus Al-A ‘rabiyah, Pen.Mansyura:sAl-MaktabahAl-
  17. A’rabiyahul, 2005
  18. Ngalim Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT
  19. Rosda Karya, 2000
  20. Nurhadi Roekhan. Dimensi-Dimensi Dalam Bahasa Kedua, Bandung: Pen Sinar
  21. Baru,1993
  22. YatimRianto. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Komunikatif
  23. Surabaya UnesaUniversityPress, 2007
  24. Soeparno. Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: Intas Pariwara, 1998
  25. SubanaM.dan Sudrajat. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiyah, Bandung: Pustaka Setia,
  26. Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008
  27. Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:
  28. Sina Baru, 1993
  29. Undang-Undang RI. No.14.Th. Undang-Undang Guru dan Dasen, Jakarta: Sinar
  30. Grafindo, 2006
  31. Yusuf Tayardan Anwar Syaiful. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa,
  32. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997
  33. Zakiyah Derajat dkk. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,