PENGARUH LINGKUNGAN BERBAHASA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X MA PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH DESA AIK DAREK KECAMATAN BATUKLIANG

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan berbahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas X MA Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Cempaka Putih Desa Aik Darek Kecamatan Batukliang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang dikumpulkan bereupa angka-angka. Dalam penelitian ini ada beberapa instrumen yang peneliti gunakan dalam menumpulkan data penelitian yang dibutuhkan, diantaranya : (1) Pedoman observasi atau ceklis, yakni berupa sebuah daftar jenis kegiaan yang mungkin timbul dan akan diamati. (2) Pedoman Wawancara. Pedoman wawancara ada dua macam yaitu berstruktur dan tak berstruktur. Yang berstruktur dimaksudkan adalah jawaban telah disediakan lebih dahulu, sedangkan responden tinggal memilih diantara jawaban yang disediakan atau kalau berbeda, jawabannya tidak terlalu jauh dari yang digunakan atau bisa dikategorikan pada jawaban yang sudah disediakan. Sedangkan tidak berstruktur adalah pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan bebas sehingga memungkinkan responden untuk menjawab sesuai dengan keinginannya. Dalam keperluan penelitian ini maka peneliti menggunakan pedoman wawancara tak berstruktur yang berarti bahwa peneliti akan mengajukan pertanyaan bebas kepada responden atau mengenai tentang data penelitian yang diketahuinya. (3) Angket atau Quesioner. Angket atau questionnaire adalah daftar pertanyaan yang didistribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau dapat juga dijawab di bawah pengawasan peneliti. Responden ditentukan berdasarkan teknik sampling. Angket digunakan untuk mendapakan keterangan dari sampel atau sumber yang beraneka ragam yang lokasinya sering tersebar di daerah yang luas, nasional ada kalanya internasional. Angket pada umumnya meminta keterangan tentang fakta yang diketahui oleh responden atau juga mengenai pendapat atau sikap. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada Pengaruh Lingkungan Berbahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas I MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih Tahun Ajaran2008/2009. Hal ini terbukti dengan angka yang peneliti dapatkan setelah melakukan penelitian dengan hasil F hitung = (71,9) dan F tabel (4,03), maka F hitung > F tabel.