Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan
berbahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas
X MA Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Cempaka Putih Desa Aik Darek
Kecamatan Batukliang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
karena data yang dikumpulkan bereupa angka-angka. Dalam penelitian ini
ada beberapa instrumen yang peneliti gunakan dalam menumpulkan data
penelitian yang dibutuhkan, diantaranya : (1) Pedoman observasi atau ceklis,
yakni berupa sebuah daftar jenis kegiaan yang mungkin timbul dan akan
diamati. (2) Pedoman Wawancara. Pedoman wawancara ada dua macam
yaitu berstruktur dan tak berstruktur. Yang berstruktur dimaksudkan
adalah jawaban telah disediakan lebih dahulu, sedangkan responden tinggal
memilih diantara jawaban yang disediakan atau kalau berbeda, jawabannya
tidak terlalu jauh dari yang digunakan atau bisa dikategorikan pada jawaban
yang sudah disediakan. Sedangkan tidak berstruktur adalah pertanyaan yang
diberikan adalah pertanyaan bebas sehingga memungkinkan responden
untuk menjawab sesuai dengan keinginannya. Dalam keperluan penelitian
ini maka peneliti menggunakan pedoman wawancara tak berstruktur yang
berarti bahwa peneliti akan mengajukan pertanyaan bebas kepada responden
atau mengenai tentang data penelitian yang diketahuinya. (3) Angket
atau Quesioner. Angket atau questionnaire adalah daftar pertanyaan yang
didistribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau dapat juga
dijawab di bawah pengawasan peneliti. Responden ditentukan berdasarkan
teknik sampling. Angket digunakan untuk mendapakan keterangan dari
sampel atau sumber yang beraneka ragam yang lokasinya sering tersebar di
daerah yang luas, nasional ada kalanya internasional. Angket pada umumnya
meminta keterangan tentang fakta yang diketahui oleh responden atau juga
mengenai pendapat atau sikap. Analisis data yang digunakan adalah regresi
sederhana. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada Pengaruh
Lingkungan Berbahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Bagi Siswa Kelas I MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih Tahun Ajaran2008/2009. Hal ini terbukti dengan angka yang peneliti dapatkan setelah
melakukan penelitian dengan hasil F hitung = (71,9) dan F tabel (4,03), maka
F hitung > F tabel.

Keywords

Lingkungan Berbahasa Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Article Details

How to Cite
Junaidi, A, and Fitriatun Hidayah. 2018. “PENGARUH LINGKUNGAN BERBAHASA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X MA PONDOK PESANTREN USWATUN HASANAH CEMPAKA PUTIH DESA AIK DAREK KECAMATAN BATUKLIANG”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 17 (2):173-87. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v17i2.465.

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta,
  2. Jakarta.
  3. Ahmad Fuad Effendy. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat. Malang
  4. Departemen Agama RI. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahan. Pen. Jakarta
  5. Ahmad Izzan. 2007 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora, Bandung.
  6. Tayar Yusuf, Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran dan Bahasa Arab. PT. Grafindo;
  7. Jakarta
  8. Hadi Sutrisno. 1987. Statistik Bina Usaha. Jakarta
  9. Hadi Sutrisno, 1981. Metode Research . Fakultas Psikologi UGM
  10. Ki Agus Azhar. 25-26 Mei 2009. Wawancara. MA USwatun Hasanah Cempaka Putih
  11. Lexy. J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya
  12. Bandung.
  13. Mardalis. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta.
  14. Margono, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta
  15. Nasution, S. 2007. Metode Research (Penelitian Ilmiah). PT. Bumi Aksara. Jakarta
  16. Nazir, 2005. Metode Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta
  17. Netra, 1997. Metodelogi Penelitian.Usaha Nasional, Surabaya
  18. Purwanto Ngalim. 2000. Prinsif-Prinsif dan teknik Evaluasi Pengajaran. PT Rosda
  19. Karya. Bandung
  20. Roekhan Nurhadi. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Pen. Sinar Baru,
  21. Bandung.
  22. Rianto, Yatim. 2007. Metodelogi Penelitan Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Unesa
  23. University Press. Surabaya.
  24. Ridwan, 2003. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung
  25. Subyakto, Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. PT. Gramedia Pustaka
  26. Utama, Jakarta.sundjono, 2001. Pengantar Statistik Pendidikan Manajemen. Raja
  27. Grafindo Persada, Jakarta
  28. Sukardi, 2003. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta
  29. Sugiyono. 2003. Statistik Penelitian Rineka cipta, Jakarta
  30. Undang-Undang RI No. 14. Th. 2005-2006. Undang-Undang Guru dan Dosen. Sinar
  31. Grafindo, Jakarta.
  32. Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC : Surabaya