Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan
berbahasa terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab bagi siswa kelas
X MA Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Cempaka Putih Desa Aik Darek
Kecamatan Batukliang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
karena data yang dikumpulkan bereupa angka-angka. Dalam penelitian ini
ada beberapa instrumen yang peneliti gunakan dalam menumpulkan data
penelitian yang dibutuhkan, diantaranya : (1) Pedoman observasi atau ceklis,
yakni berupa sebuah daftar jenis kegiaan yang mungkin timbul dan akan
diamati. (2) Pedoman Wawancara. Pedoman wawancara ada dua macam
yaitu berstruktur dan tak berstruktur. Yang berstruktur dimaksudkan
adalah jawaban telah disediakan lebih dahulu, sedangkan responden tinggal
memilih diantara jawaban yang disediakan atau kalau berbeda, jawabannya
tidak terlalu jauh dari yang digunakan atau bisa dikategorikan pada jawaban
yang sudah disediakan. Sedangkan tidak berstruktur adalah pertanyaan yang
diberikan adalah pertanyaan bebas sehingga memungkinkan responden
untuk menjawab sesuai dengan keinginannya. Dalam keperluan penelitian
ini maka peneliti menggunakan pedoman wawancara tak berstruktur yang
berarti bahwa peneliti akan mengajukan pertanyaan bebas kepada responden
atau mengenai tentang data penelitian yang diketahuinya. (3) Angket
atau Quesioner. Angket atau questionnaire adalah daftar pertanyaan yang
didistribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau dapat juga
dijawab di bawah pengawasan peneliti. Responden ditentukan berdasarkan
teknik sampling. Angket digunakan untuk mendapakan keterangan dari
sampel atau sumber yang beraneka ragam yang lokasinya sering tersebar di
daerah yang luas, nasional ada kalanya internasional. Angket pada umumnya
meminta keterangan tentang fakta yang diketahui oleh responden atau juga
mengenai pendapat atau sikap. Analisis data yang digunakan adalah regresi
sederhana. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada Pengaruh
Lingkungan Berbahasa Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Bagi Siswa Kelas I MA Uswatun Hasanah Cempaka Putih Tahun Ajaran2008/2009. Hal ini terbukti dengan angka yang peneliti dapatkan setelah
melakukan penelitian dengan hasil F hitung = (71,9) dan F tabel (4,03), maka
F hitung > F tabel.
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta,
- Jakarta.
- Ahmad Fuad Effendy. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat. Malang
- Departemen Agama RI. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahan. Pen. Jakarta
- Ahmad Izzan. 2007 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora, Bandung.
- Tayar Yusuf, Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran dan Bahasa Arab. PT. Grafindo;
- Jakarta
- Hadi Sutrisno. 1987. Statistik Bina Usaha. Jakarta
- Hadi Sutrisno, 1981. Metode Research . Fakultas Psikologi UGM
- Ki Agus Azhar. 25-26 Mei 2009. Wawancara. MA USwatun Hasanah Cempaka Putih
- Lexy. J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya
- Bandung.
- Mardalis. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta.
- Margono, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta
- Nasution, S. 2007. Metode Research (Penelitian Ilmiah). PT. Bumi Aksara. Jakarta
- Nazir, 2005. Metode Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta
- Netra, 1997. Metodelogi Penelitian.Usaha Nasional, Surabaya
- Purwanto Ngalim. 2000. Prinsif-Prinsif dan teknik Evaluasi Pengajaran. PT Rosda
- Karya. Bandung
- Roekhan Nurhadi. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Pen. Sinar Baru,
- Bandung.
- Rianto, Yatim. 2007. Metodelogi Penelitan Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Unesa
- University Press. Surabaya.
- Ridwan, 2003. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung
- Subyakto, Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. PT. Gramedia Pustaka
- Utama, Jakarta.sundjono, 2001. Pengantar Statistik Pendidikan Manajemen. Raja
- Grafindo Persada, Jakarta
- Sukardi, 2003. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta
- Sugiyono. 2003. Statistik Penelitian Rineka cipta, Jakarta
- Undang-Undang RI No. 14. Th. 2005-2006. Undang-Undang Guru dan Dosen. Sinar
- Grafindo, Jakarta.
- Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC : Surabaya
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta,
Jakarta.
Ahmad Fuad Effendy. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat. Malang
Departemen Agama RI. 1989. Al-Qur’an dan Terjemahan. Pen. Jakarta
Ahmad Izzan. 2007 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora, Bandung.
Tayar Yusuf, Syaiful Anwar. 1997. Metodologi Pengajaran dan Bahasa Arab. PT. Grafindo;
Jakarta
Hadi Sutrisno. 1987. Statistik Bina Usaha. Jakarta
Hadi Sutrisno, 1981. Metode Research . Fakultas Psikologi UGM
Ki Agus Azhar. 25-26 Mei 2009. Wawancara. MA USwatun Hasanah Cempaka Putih
Lexy. J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya
Bandung.
Mardalis. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta.
Margono, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta
Nasution, S. 2007. Metode Research (Penelitian Ilmiah). PT. Bumi Aksara. Jakarta
Nazir, 2005. Metode Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta
Netra, 1997. Metodelogi Penelitian.Usaha Nasional, Surabaya
Purwanto Ngalim. 2000. Prinsif-Prinsif dan teknik Evaluasi Pengajaran. PT Rosda
Karya. Bandung
Roekhan Nurhadi. Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Pen. Sinar Baru,
Bandung.
Rianto, Yatim. 2007. Metodelogi Penelitan Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Unesa
University Press. Surabaya.
Ridwan, 2003. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta, Bandung
Subyakto, Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. PT. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.sundjono, 2001. Pengantar Statistik Pendidikan Manajemen. Raja
Grafindo Persada, Jakarta
Sukardi, 2003. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Sugiyono. 2003. Statistik Penelitian Rineka cipta, Jakarta
Undang-Undang RI No. 14. Th. 2005-2006. Undang-Undang Guru dan Dosen. Sinar
Grafindo, Jakarta.
Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. SIC : Surabaya