Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan taksonomi Bloom dan alternatif pemecahannya

Abstract

[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan Taksonomi Bloom dan alternatif pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Peneliti mengambil tiga subjek untuk diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis kesulitan yaitu: 1). Pada tingkat pemahaman, mahasiswa kesulitan memahami konsep tinggi dan alas jajargenjang. Alternatif pemecahannya dengan menggunakan model penilaian Assessment for Learning (AfL); 2). Pada tingkat penerapan, mahasiswa kesulitan menerapkan konsep kesebangunan bangun datar untuk menyelesaikan soal. Alternatif pemecahannya dengan model penilaian Assessment for Learning (AfL); 3). Pada tingkat analisis, mahasiswa kesulitan membuktikan rumus luas daerah segitiga dengan menggunakan pendekatan luas daerah jajargenjang. Alternatif penyelesaiannya dengan pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); 4). Pada tingkat evaluasi, mahasiswa kesulitan dalam memberikan penilaian terhadap suatu permasalahan disertai dengan alasan yang logis. Alternatif pemecahannya adalah dengan pembelajaran yang menggunakan model penilaian peer-assesment. [English]: This study aims to diagnose undergraduate student’s difficulties in solving geometry problems based on Bloom's Taxonomy and find alternative solutions. This study is a descriptive study using qualitative approach. Data collection is conducted through test and interview. The subject of this study is 3 students. There are four difficulties found in this study, they are: 1). At the level of comprehension, the students are difficult to comprehend the concept of height and length of parallelogram. The alternative solution is to apply Assessment for Learning (AfL) model; 2). At the application level, the students have difficulty in applying the congruency concept of plane to solve the problem. The alternative solution is Assessment for Learning (AfL) model; 3). At the level of analysis, the students have difficulty in proving the formula of area of a triangle using parallelogram area. The alternative solution is to apply Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); 4.) At the evaluation level, the students have difficulty in providing assessment of a problem with a logical reason. The alternative solution is to use peer-assessment model of learning.