Representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika
Abstract
[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan yaitu hasil pekerjaan mahasiswa yang berupa hasil vignette. Snowball sampling sebagai teknik pengambilan subjek. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek S1 dan S2 dengan kemampuan akademik tinggi dan sedang mempunyai kemampuan representasi matematis yang baik karena memenuhi semua indikator representasi matematis. Kemampuan representasi matematis subjek S3 dengan kemampuan akademik rendah masih kurang karena tidak memenuhi semua indikator. Kemampuan representasi matematis tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan akademik, tetapi dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti penggunaan media, pengalaman, dan latihan dalam menyelesaikan masalah matematika. Kata kunci : Representasi Matematis; Calon Guru; Masalah Matematika; Vignette [English]: This case study aims to determine the description of the mathematical representation of prospective teachers in solving mathematical problems. The data collected is student’s work in the form of vignette results. Snowball sampling is as the technique of taking subjects. Subjects in this study are three students in the third semester mathematics education program of Muhammadiyah University of Purworejo. The technique used to collect data is documentation. The data is analyzed through data reduction, data display, conclusion, and verification. This study finds that the subject S1 and S2 with high and middle academic ability have good mathematical representation ability since they meet all the indicators of mathematical representation. While the mathematical representation of subject S3 with low academic ability is still less because S3 does not meet all of the indicators. The ability of the mathematical representation is not only influenced by academic ability, but also by other factors such as the use of media, experience, and drill in solving mathematics problems. Keywords: Mathematical Representation; Prospective Teacher; Mathematics Problems; Vignette