Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya
Abstract
[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa SMP dalam memahami materi kubus balok dan menemukan alternatif pemecahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes geometri dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menguasai konsep kubus dan balok, menemukan rumus luas permukaan kubus balok, dan menggunakan rumus luas permukaan kubus dan balok. Kesulitan menggunakan rumus pada penyelesaian soal sebagai akibat dari menghafal rumus siap pakai, sehingga siswa sering lupa dengan rumus. Alternatif pemecahan kesulitan belajar siswa tersebut, yaitu: (a) Menggunakan aplikasi komputer (Power point, Ms Word dengan SmartArt Graphic) dan software seperti Cabri Geometry, The Geometer’s Sketchpad (GSP), Geometry Expert, Logo, Geogebra, dan Wingeom; (b) Mengaktifkan dengan baik materi prasyarat tentang bangun datar yang menjelaskan sisi-sisi pada bangun ruang; (c) Menerapkan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS terbimbing; dan (d) Memperbanyak mengerjakan latihan soal baik yang bersifat kontekstual maupun soal-soal yang bersifat non-kontekstual. Kata Kunci: Analisis; Kesulitan; Pemahaman; Kubus Balok; Alternatif Pemecahan [English]: The descriptive research aims to diagnose the difficulties of secondary school students in understanding Cube and Rectangular Prism and formulate the alternative solution. Geometry test and interview are used as the instrument. The subjects are 3 seventh grade students who respectively represent high, medium and low ability in mathematics. This research finds that the students have difficulties in understanding the properties of cube and rectangular prism, inventing the surface area, and using the formula to determine the surface area. The difficulty in using the formula to solve related problems is an effect of memorizing ready-made formula without understanding so the students are easy to forget it. The alternative ways to cope with the difficulties are: (a) Using computer application (PowerPoint, Ms Word with SmarArt Graphic) and other current softwares like Cabri Geometry, The Geometer’s Sketchpad (GSP), Geometry Expert, Logo, Geogebra, and Wingeom; (b) Activating students’ prior knowledge about plane which explains the side of the solid figures; (c) Implementing guided discovery learning with students’ worksheet; and (d) giving variative exercises involving contextual or non-contextual problems. Keywords: Analysis; Difficulties; Understanding; Cube Prism; Alternative Solution