PENGGUNAAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan tentang kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran yang dimungkinkan berdampak pada rendahnya aktivitas siswa, Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi guru dalam meningkatkan kompetensi melalui pendampingan sehingga guru semakin berkualitas, dapat melaksanakakan pembelajaran dengan menggunakan Geogebra. Metode penelitian menggunakan desain penelitian tindakan sekolah yang menggunakan pendekatan andragogi. Penentuan subyek didasarkan pada skala prioritas guru matematika binaan yang membutuhkan pendampingan intensif. Subyek penelitian ini adalah guru matematika di SMK Ma’arif 2 Temon, SMK Ma’arif 3 Wates, dan SMK Muhammadiyah 1 Lendah di kabupaten Kulon Progo, yang aktif dalam kegiatan pendampingan. Hasil penelitian diperoleh dari jumlah responden sebanyak tujuh peserta/guru binaan menyimpulkan bahwa Geogebra dapat meningkatkan: pengetahuan guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menginovasi pembelajaran, keterampilan guru dalam memilih media pembelajaran, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran, dan kualitas pembelajaran matematika