PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI SMP N 2 SAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS terpadu antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional, perbedaan aktivitas belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional, dan perbedaan hasil belajar IPS terpadu antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Sawan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 orang siswa kelas VIII. Sampel penelitian ini siswa kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol sebanyak 33 orang dan siswa kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang yang dibentuk secara sengaja dengan menggunakan teknik purposive sampling. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 71,905 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05, terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 114,358 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05, dan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARCS dengan model pembelajaran konvensional ditunjukkan dari nilai uji F 37,222 dengan nilai probabilitas 0,000 < α = 0,05.