Pengaruh model diskursus multy reprecentacy (DMR) dengan pendekatan CBSA terhadap representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model DMR dengan pendekatan CBSA terhadap kemampuan representasi matematis, pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap representasi matematis dan interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran DMR dengan pendekatan CBSA terhadap kemampuan representasi matematis; (2) terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis; (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis.