Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa

Abstract

Abstract: The objective of this research is to examine the correlation between academic anxiety and academic integrity on facing the state examination among twelfth grade students. This research was conducted in SMAN Y, involving 114 twelfth grade Mathematic and Natural Science students. Data was collected using Academic Anxiety scale and Academic Integrity scale and was analyzed using Spearman correlation technique because of abnormality of data on academic integrity. Result supported the hypothesis that there was a negative correlation between academic anxiety and academic integrity on facing the state examination (rs = -0,457; p < 0,01). The determination coefficient of r2 = 0,209, show the effective contribution of academic anxiety to academic integrity was 20,9%.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecemasan akademik dan integritas akademik dalam menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII. Penelitian ini dilakukan di SMAN Y dengan melibatkan 114 siswa kelas XII jurus­an MIA atau Matematika dan Ilmu Alam. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan skala penelitian atau kuisioner Kecemasan Akademik dan Integritas Akademik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Spearman Rank karena sebaran data yang tidak normal pada salah satu variabel penelitian. Hasil penelitian ini sejalan dengan hipotesis penelitian, yaitu bahwa terdapat hubungan negatif antara ke­cemasan akademik dan integritas akademik dalam menghadapi ujian nasional pada siswa di SMAN Y (rs = -0,457, p < 0,01). Koefisien determinasi, r2 = 0,209 menunjukkan sumbangan efektif kecemasan akademik terhadap integritas akademik siswa dalam menghadapi ujian nasional sebesar 20,8%.