AGRIBISNIS LORJUK (Solen grensalis) DALAM ANALISIS TARGETING DAN POSITIONING di KABUPATEN PAMEKASAN

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis positioning dan targeting dan komoditas lorjuk. Lorjuk merupakan salah satu komoditas perikanan yang unik dan bernilai ekonomis tinggi. Penentuan responden dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling atau metode penentuan responden dengan sengaja yaitu para produsen lorjuk yaitu penjual lorjuk serta konsumen lorjuk. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di Kabupaten Pamekasan. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan analisis cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi lorjuk menurut sudut pandang produsen adalah bahwa lorjuk merupakan sumber penghasilan yang masih diminati oleh konsumen- konsumen tertentu. Produsen harus melakukan difersifikasi agar produk lorjuk yang dijual bisa bertahan di pasaran. Sedangkan lorjuk menurut sudut pandang konsumen adalah bahwa lorjuk Pembahasan tentang cluster 1 menunjukkan bahwa responden yang memilih atribut rasa enak dan gurih, protein tinggi dan merupakan makanan sehat sebanyak 33,3%, sedangkan yang memilih atribut suka seafood, prestise dan image yang bagus sebanyak 23,3% dan yang memilih atribut bisa dibuat camilan, dibuat oleh-oleh dan di buat suguhan tamu sebanyak 43,3%. Hal ini menunjukkan bahwa segmentasi pasar lorjuk untuk konsumen lebih didominasi karena alasan sebagai makanan camilan, untuk oleh-oleh dan untuk suguhan tamu dirumah yaitu sebesar 43,3%.