MENGHADIRKAN NILAI-NILAI SPIRITUAL TASAWUF DALAM PROSES MENDIDIK

Abstract

Mendidik sejatinya adalah merubah. Merubah ketidaktahuanmenjadi tahu; merubah ketidakbisaan menjadi bisa; merubahketidakterampilan menjadi terampil; merubah ketidakberadabanmenjadi berkeadaban. Dengan demikian, proses mendidik merupakanupaya mulia untuk semakin memanusiakan manusia.Pendidikan idealnya menyentuh seluruh aspek dan potensipeserta didik. Namun sayangnya, pendidikan yang dijalankan saat inidi negeri kita lebih cenderung berorientasi pada dimensi kognitifmaterialistik.Pendidikan mengalami materialisasi tujuan! Orientasipendidikan hanya kuantitatif lulusan dan lapangan kerja. Pendidikantidak mampu menghasilkan manusia utuh. Akibatnya, krisis terbesardi dunia saat ini adalah krisis spiritualitas dan inegritas. Oleh karenaitu, tulisan ini berupaya mendiskusikan format sulusi yang bisaditawarkan untuk mengatasi kekurangan dan disorientasi dalampendidikan tersebut.Kata Kunci : Tasawuf, Mendidik, Nilai-nilai Spiritual Tasawuf.