MENGHADIRKAN NILAI-NILAI SPIRITUAL TASAWUF DALAM PROSES MENDIDIK

Sodiman Sodiman

Abstract


Mendidik sejatinya adalah merubah. Merubah ketidaktahuan
menjadi tahu; merubah ketidakbisaan menjadi bisa; merubah
ketidakterampilan menjadi terampil; merubah ketidakberadaban
menjadi berkeadaban. Dengan demikian, proses mendidik merupakan
upaya mulia untuk semakin memanusiakan manusia.
Pendidikan idealnya menyentuh seluruh aspek dan potensi
peserta didik. Namun sayangnya, pendidikan yang dijalankan saat ini
di negeri kita lebih cenderung berorientasi pada dimensi kognitifmaterialistik.
Pendidikan mengalami materialisasi tujuan! Orientasi
pendidikan hanya kuantitatif lulusan dan lapangan kerja. Pendidikan
tidak mampu menghasilkan manusia utuh. Akibatnya, krisis terbesar
di dunia saat ini adalah krisis spiritualitas dan inegritas. Oleh karena
itu, tulisan ini berupaya mendiskusikan format sulusi yang bisa
ditawarkan untuk mengatasi kekurangan dan disorientasi dalam
pendidikan tersebut.
Kata Kunci : Tasawuf, Mendidik, Nilai-nilai Spiritual Tasawuf.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v7i2.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Al-Ta'dib



Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats