PEMBELAJARAN ILMU NAHWU DENGAN METODE QURANI
Abstract
Nahwu merupakan salah satu dari dua belas cabang ilmu Lughot Al-arabiyyah menduduki posisi penting. Oleh karena itu, nahwu lebih layak untuk dipelajari mendahului pengkayaan kosakata dan ilmu-ilmu lughot yang lain. Hal ini disebabkan nahwu merupakan instrument yang amat fital dalam memahami kalam Allah, kalam Rasul serta menjaga dari kesalahan terucap. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengenalkan metode qurani yang merupakan pengembangan dari metode deduktif dalam pembelajaran ilmu nahwu dan juga menjelaskan efektifitasnya. Metode qurani merupakan metode yang menjadikan quran sebagai landasan pemahaman kaidah-kaidah ilmu Nahwu. Metode ini ditempuh karena penulis melihat kaidah yang dijelaskan di awal akan dapat difahami dengan sempurna dengan contoh-contoh dalam al-Quran yang kompleks sehingga pemahaman siswa terhadap suatu kaidah bias paripurna. Hasil dari metode qurani ini adalah pembelajaran yang interaktif, efektif dan cepat karena siswa diajak untuk memahami kaidah secara sempurna dari contoh-contoh yang banyak diambil dari al-Quran.