KEUNGGULAN METODE QIRO’ATI UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan, tanpa adanya pendidikan seorang anak tidak bisa berkembang. Pendidikan adalah bagian dari upaya untuk membantu manusia memperoleh kehidupan yang bermakna hingga diperoleh suatu kebahagian hidup, baik secara individu maupun kelompok. Anak adalah sosok manusia kecil yang memiliki berbagai macam potensi yang masih harus dikembangkan dengan bimbingan manusia dewasa. Anak juga memiliki karakteristik tertentu yang khas dan tidak sama dengan orang dewasa. Masa usia dini merupakan masa peletak dasar atau pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Diyakini oleh sebagian besar pakar, bahwa masa kanak-kanak yang bahagia adalah merupakan dasar bagi keberhasilan di masa yang akan datang dan sebaliknya. Untuk itu, agar pertumbuhan dan perkembangan tercapai secara optimal, maka dibutuhkan situasi dan kondisi yang kondusif dan menyenangkan pada saat memberikan stimulasi dan upaya pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Setiap anak bersifat individualisme dan unik sehingga perkembangan anak yang satu dengan anak yang lainnya berbeda, oleh karenanya perlakuan terhadap masing-masing individu berbeda disesuaikan dengan tingkat perkembangannya. Anak-anak selalu aktif dan selalu ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di masa yang akan datang. Metode Qiro’ati ialah membaca Alquran yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid sistem pendidikan dan pengajaran metode Qiro’ati ini melalui system pendidikan berpusat pada murid dan kenaikan kelas/jilid tidak ditentukan oleh bulan/tahun dan tidak secara klasikal, tapi secara individual (perseorangan).