PENGARUH MEDIA BALOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa faktor, pertama media balok  jarang digunakan untuk menstimulus kecerdasan matematika logis anak yang di khususkan pada pemecahan masalah anak usia dini. Kedua dalam prosesnya  kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika anak usia dini tidak sedikit yang terfokus kepada hasil bukan proses. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, yaitu (1) seperti  apa kemampuan pemecahan masalah anak sebelum penggunaan  media balok dalam pembelajaran matematika pada kelompok B di TK Kartika X-1 (2) seperti apa kemampuan  pemecahan masalah  anak sesudah  penggunaan  media balok  dalam pembelajaran matematika pada kelompok B di TK Kartika X-1 (3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelompok B di TK Kartika X-1 sebelum dan sesudah  menggunakan media balok. Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui apakah  terdapat pengaruh setelah menggunakan media balok pada kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimental, subjek penelitiannya yaitu anak kelompok B di TK Kartika X-1 Bandung. Adapaun data yang akan diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Peneliti melakuan pretest dan posttest terhadap kelompok B peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh media balok terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelompok B  mendapatkan rata-rata pada tes awal sebesar  22,66% sedangkan pada tes akhir sebesar 27,26 %.