PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 PAUD
Abstract
Kurikulum merupakan komponen dalam pendidikan yang dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan suatu pembelajaran dalam setiap satuan pendidikan. Saat ini kurikulum anak usia dini yang berlaku di TK Negeri Pembina Sukamara adalah kurikulum 2013, dimana pengembangan kurikulum ini adalah untuk penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola, pendalaman materi, penguatan proses pembelajaran dan penyesuaian beban belajar. Kunci dari keberhasilan sebuah kurikulum tidak terlepas dari peran Kepala Sekolah dan Guru. Kepala Sekolah berperan sebagai pemimpin yang bertanggung jawab untuk semua hal yang berkaitan dengan kelancaran sekolah, begitupun peran guru untuk mampu menyampaikan pembelajaran yang sudah diterapkan dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus, dimana peneliti melakukan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, dua orang guru dan satu orang perwakilan dari komite sekolah. Berdasarkan data yang ditemukan, TK Negeri Pembina Sukamara ini telah mengembangkan dan menerapkan kurikulum 2013, dari mulai melakukan analisis, penyusunan dokumen, pengesahan dan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD sesuai dengan acuan yang berlaku. Adapun dalam pelaksanaan tersebut terdapat beberapa faktor pendukung seperti kerjasama semua tim yang ada di sekolah dan sarana prasarana yang sudah cukup memadai, selain faktpr pendukung terdapat juga faktor penghambat yaitu sosialisasi kurikulum yang belum merata dan berkelanjutan sehingga mengakibatkan kurangnya kreatifitas guru.