MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA ANAK DENGAN AUTISME DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Anak dengan autisme memiliki perbedaan kemampuan komunikasi, interaksi dan perilaku dibandingkan anak lainnya. Karena anak dengan autisme mengalami kesulitan salah satunya kesulitan berkomunikasi yang mengakibatkan anak sulit untuk mengungkapkan apapun yang terjadi dalam dirinya maupun orang lain. Aspek komunikasi yang harus dilatih pada anak dengan autism selain bicaranya yaitu gerak tubuh dapat dengan bantuan media seperti gambar (visual). Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi ekspresif anak autisme menggunakan media flash card di lembaga pendidikan anak usia dini. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil dari tulisan menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autisme. Sehingga dapat disimpulkan dari tulisan ini bahwa penggunaan media flash card dapat digunakan untuk melatih kemampuan komunikasi anak autisme dan dapat di gunakan sebagai acuan metode pembelajaran bagi orang tua, guru, lembaga dan para calon guru.