EFEKTIVITAS METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI

Abstract

Anak usia dini berada pada tahap Golden Age ditandai dengan perubahan yang signifikan dalam aspek perkembangannya (seperti bahasa, seni dan fisik motorik). Agar pada tahap ini dapat dilalui dengan baik oleh setiap anak maka perlu diupayakan pendidikan yang tepat, termasuk pada perkembangan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak. Pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru salah satunya dengan pembelajaran gerak dan lagu. Pembelajaran gerak dan lagu ini dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat syaraf, serta membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan kognitif, bahasa dan emosionalnya saja tetapi juga pada pengembangan seni dan fisik anak. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini di RA Ar-Rahmah kawalu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif terhadap anak kelas B RA Ar-Rahmah Kawalu Tasikmalaya.