METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA NURUR RABIAH KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya anak yang mengalami kesulitan dalam kemampuan berbicara berdasarkan hasil pencapaian perkembangan bahasa yang berada pada kategori belum berkembang dan mulai berkembang. Sehingga diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A di RA Nurur Rabiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbahasa pada anak kelompok A di RA Nurur Rabiah. Penelitian ini tergolong quasi experiment dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah anak kelompok A di RA Nurur Rabiah. Sampel penelitian ini adalah 14 anak kelompok A sebagai kelompok eksperimen, dan 14 anak kelompok A1 sebagai kelompok kontrol Data penelitian tentang kemampuan berbicara. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran (terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok A di RA Nurur Rabiah.