PENGARUH PERMAINAN DAKON TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF MATEMATIK PADA ANAK USIA DINI DI RA AL-IKHWAN KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Pendidikan anak usia dini memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang harus dioptimalkan. Salah satu tugas perkembangan yaitu perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif memiliki 8 aspek kecerdasan yang salah satu kecerdasan yaitu kecerdasan logika matematika. Konsep pembelajaran anak usia dini salah satunya adalah belajar sambil bermain. Untuk itu, pembelajaran dengan permainan dakon dapat membantu anak berpikir matematis logis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkam perkembangan Kogntif Matematik anak dalam belajar di RA AL-Ikhwan Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini didapatkan didapatkan 1 atau sebanyak 5% orang belum berkembang, 10 orang mulai berkembang sebanyak 50% dan 9 orang berkembang sesuai harapan sebanyak 45%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada beda pengaruh yang signifikan antara permainan dakon terhadap kecerdasan logika matematika anak usia dini kelompok B di RA Al-Ikhwan Tasikmalaya.