MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL NURUL RABI’AH KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dalam kemampuan mengenal geometri dengan media balok pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Nurul Rabi’ah Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 1 guru kelompok B dan 15 anak kelompok B. Hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa dalam pembuatan perencanaan pembelajaran mengacu pada Permendikbud nomor 137 dan nomor 146 Tahun 2014. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam bermain balok untuk meningkatkan kemampuan mengenal geometri yitu dengan pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Kegiatan tersebut merupakan salah satu perencanaan pembelajaran dalam menstimulasi 6 (enam) aspek perkembangan yang terdapat dalam desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian /RPPH. Media balok yang digunakan pada saat pembelajaran pengenalan bentuk-bentuk geometri merupakan balok yang standar yang aman digunakan untuk anak usia dini dan memenuhi syarat untuk dijadikan media pembelajaran. Kemampuan anak mengenal bentuk geometri dengan media balok sudah dapat dikatakan berkembang sesuai harapan.