METODE MENGGUNTING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI RA AL-IKHWAN KOTA TASIKMALAYA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gaya pembelajaran yang tidak menarik, anak sering kali merasa bosan dengan proses pembelajaran yang hanya itu itu saja, minimnya media didalam kegiatan pembelajaran menjadi pengaruh besar bagi anak, yang seharunya dapat dioptimalkan seluruh aspek perkembanganya, menjadi tidak terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini di kelompok A RA Al- Ikhwan Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen, dengan rancangan Intec-Group Comparison. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil pengukuran setengah kelompok yang diberi perlakuan yaitu pada 8 orang anak didapatkan 3 orang anak atau sebesar 37.5 % berkembang sangat baik dan 5 orang anak atau sebesar 62.5% berkembang sesuai harapan. Sedangkan hasil Hasil pengukuran setengah kelompok yang tidak diberi perlakuan sebanyak 4 orang anak sesuai harapan yaitu sebesar 50.0% , 2 orang anak atau sebesar 25% anak mulai berkembang, dan 2 orang anak belum berkembang sebesar 25%. Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan efektif berhasil. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media dan alat yang digunakan di kegiatan menggunting, (2) memberikan contoh cara menggunting sesuai pola gambar, (3) membagikan media dan alat yang digunakan dalam kegiatan menggunting secara proporsional untuk setiap kelompok, (4) anak diperkenankan melakukan kegiatan menggunting dengan berbagai media sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru.