PENGARUH BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) MAKRO TERHADAP PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Abstract

Perkembangan bahasa pada anak usia dini pada umumnya masih banyak yang belum bekembang secara optimal, khususnya pada anak Taman Kanak-kanak. Pada saat kegiatan tanya jawab anak sering merasa kesulitan untuk mengungkapkan kosakata—masih sulit memahami kosakata yang diucapkan oleh guru. Metode bermain peran membantu anak untuk dapat belajar mengungkapkan bahasa dan dapat memperoleh kosakata baru khususnya kosakata bahasa Indonesia. Interaksi dan komunikasi yang terjadi pada metode bermain peran sebagai stimulus anak dalam mengembangkan kosakata bahaasanya. Pemilihan tema yang tepat dalam kegiatan bermain peran pada anak disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kedekatan anak usia dini. Oleh karenanya, guru sebagai pendidik harus kreatif, inovatif dan kooperatif dalam membuat metode pembelajaran guna membantu perkembangan anak didik secara optimal.