KONSEP TAUHIDULLAH SEBAGAI SUBSTANSI PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini membahas tentang konsep tauhidullah sebagai substansi pendidikan islam. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research), penulis berusaha menggali konsep dan metode tauhidullah yang terdapat dalam Al-Quran dan kisah Nabiyullah sebagai dasar dan konsep bertauhid serta mengambil contoh dari kisah Nabiyullah berdasarkan cerita Nabi Ibrahim as dalam al-Qur’an. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alquran dan kitab tafsīr, serta data sekunder diperoleh dari buku-buku dan karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep tauhidullah dalam pendidikan islam terdapat dalam surah Al-Ikhlas yakni dengan memahami makna keesaaan Allah swt. Dan konsep tauhidullah yang terdapat dalam kisah Nabi Ibrahim as yaitu dengan mengaplikasikan beberapa metode Nabi Ibrahim ketika menyampaikan ajaran tauhidnya. Diantaranya: metode intuitif, metode rasional, metode Targib wa Tarḥib, metode ‘Ibrah Maw’iẓah, metode ilmiah, metode Ḥiwār Jadali, metode demonstrasi/eksperimen, dan metode keteladanan. Metode-metode tersebut dapat dijadikan konsep dalam pendidikan Islam.