PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS X MAN 1 KOTA GORONTALO
Abstract
Pelajaran Bahasa Arab memiliki banyak cabang dan pembahasan. Diantara yang harus dipahami oleh seorang pelajar Bahasa Arab adalah komponen atau unsur dari Bahasa Arab itu sendiri. Agar pembelajaran tidak menjadi membosankan aplikasi kahoot bisa menjadi solusi yang bisa diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi game kahoot efektif dalam meningkatkan hafalan mufrodat siswa. Penelitian in menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu kahoot efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa arab, dapat meningkatkan hafalan mufrodat siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo. Kelebihan dari penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran adalah peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar, meminimalisir contek-mencontek, dan mempermudah guru dalam mengevaluasi dan memberi nilai. Sedangkan kekurangan dari penggunaan aplikasi kahoot ini dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah tidak bisa dijalankan apabila ada gangguan jaringan internet ataupun tidak ada jaringan sama sekali, dan guru perlu triktersendiri, dalam mengintrol peserta didik ketika tes dijalankan.