PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN MUFRODAT SISWA KELAS X MAN 1 KOTA GORONTALO

Abstract

Pelajaran   Bahasa   Arab   memiliki   banyak   cabang   dan pembahasan.  Diantara  yang  harus  dipahami  oleh  seorang  pelajar Bahasa  Arab  adalah  komponen  atau  unsur  dari  Bahasa  Arab  itu sendiri.  Agar  pembelajaran  tidak  menjadi  membosankan  aplikasi kahoot  bisa  menjadi  solusi  yang  bisa  diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi game kahoot efektif dalam meningkatkan hafalan mufrodat siswa. Penelitian in menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu kahoot efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa arab, dapat meningkatkan hafalan mufrodat siswa kelas X MAN 1 Kota Gorontalo. Kelebihan    dari    penggunaan    aplikasi    kahoot    dalam pembelajaran adalah peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar, meminimalisir  contek-mencontek,  dan  mempermudah  guru  dalam mengevaluasi   dan   memberi   nilai.   Sedangkan   kekurangan   dari penggunaan  aplikasi  kahoot  ini  dalam  pembelajaran  Bahasa  Arab adalah  tidak  bisa  dijalankan  apabila  ada  gangguan  jaringan  internet ataupun   tidak   ada   jaringan   sama   sekali,   dan   guru   perlu   triktersendiri, dalam mengintrol peserta didik ketika tes dijalankan.