MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE GRUP INVESTIGATION KELAS VB MI NW KALIJAGA.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi kecepatan menggunakan model Cooperative Tipe Grup Investigationdi kelas VB MI NW Kalijaga. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kuantitatif, karena data ini menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data dan penampilan hasil.Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NW Kalijaga dan sampel sampel penelitian kelas VB MI NW Kalijaga sebanyak 14 siswa.Hasil penelitian ini terlihat dari hasil belajar siswa, pada prasiklus masih banyaknya siswa yang belum tuntas berdasarkan KBM (73%), pada pra siklus hanya ada lima siswa yang tuntas (35,7%) dengan nilai rata – rata 56,8, nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 30.Pada siklus satu ada peningkatan menjadi tujuh orang siswa siswa (50%) yang tuntas KBM, nilai rata-rata 63,2, nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 30. Pada perbaikan pembelajaran siklus dua dari 14 siswa yang tuntas KBM meningkat lagi menjadi 10 siswa (89%), nilai rata-rata 75,6, nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 40.