Pengaruh Belief Dan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belief dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Darul Mahmudien Nw Montong Gamang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Darul Mahmudien Nw Montong Gamang yang berjumlah 100 siswa dengan sampel berjumlah 80 siswa. Variabel penelitian ini yaitu belief dan self confidence sebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur belief dan self confidence dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, sebelum dilakukan uji analisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara belief dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 88,6%.