PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTICIPATION BASIC INTRUCTIONAL (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEROSES PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MA NW MAFAZA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keaktifan belajar Siswa dalam peroses pembelajaran Matematika di kelas X MA NW Mafaza. Jenis penelitian ini menggunakan action research, subjek penelitian ini MA NW Mafaza kelas X sebanyak 18 Siswa. Objek penelitian keaktifan belajar dengan menggunakan model pembelajaran participation basic instructional. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Melalui penelitian tindakan ini dapat ditemukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan Siswa pada proses pembelajaran matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi keaktifan belajar Siswa sebelum diberikan tindakan termasuk dalam kategori sangat rendah, yaitu hanya 33%, setelah diberi tindakan pada siklus I keaktifan Siswa naik menjadi kategori sedang yaitu 61% data dari hasil observasi dan 66% data dari angket. Pada siklus II keaktifan belajar Siswa naik lagi menjadi kategori tinggi yaitu 72% data dari hasil observasi dan 77% data dari angket. Berdasarkan hasil penelitian ini dpat menjadi refrensi bagi Guru untuk meningkatkan hasil belajar Siswa.