Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif, Impulsif, Dan Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif reflektif, impulsif, dan gender. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek 4 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunungsari. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bergender laki-laki dengan gaya kognitif reflektif (SRL) memenuhi dua indikator dari kemampuan berpikir kreatif yaitu flexibilitiy dan elaboration dengan rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kreatif matematis yang dicapai SR1 adalah 58,33% dengan kategori tingkat kreatif yang diperoleh yaitu cukup kreatif. Subjek bergender perempuan dengan gaya kognitif reflektif (SRP) memenuhi ketiga indikator dalam kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibilitiy, dan elaboration, dengan rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kreatif matematis yang dicapai SRP adalah 91,66% dengan kategori tingkat kreatif yang diperoleh yaitu sangat kreatif. Subjek bergender laki-laki dengan gaya kognitif impulsif (SIL) tidak memenuhi indikator dari kemampuan berpikir kreatif rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kreatif matematis yang dicapai SIL adalah 33,33% dengan kategori tingkat kreatif yang diperoleh yaitu kurang kreatif. Dan subjek bergender perempuan dengan gaya kognitif impulsif (SIP) memenuhi dua indikator dari kemampuan berpikir kreatif yaitu flexibilitiy dan elaboration, rata-rata persentase skor kemampuan berpikir kreatif matematis yang dicapai SIP adalah 66,66% dengan kategori tingkat kreatif yang diperoleh yaitu kreatif.