Adoption of halal cosmetics: extending the Theory of Planned Behavior with halal literacy as a moderation variable

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan model extended theory of plan behavior (TPB) dengan menambahkan religious commitment (RC) dan self-efficacy (SE) sebagai variabel internal dan menyelidiki pengaruh variabel tersebut terhadap sikap terhadap kosmetik halal. Selain itu, penelitian ini juga menguji peran moderasi halal literacy (HL) dalam hubungan antara attitude (AT), subjective norms (SN), perceived behavioral control (PBC) dan niat untuk membeli kosmetik halal. Populasi dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Gen Y. Pendekatan kuantitatif dengan model structural equation modelling (SEM) dipilih dalam menganalisis data dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan bantuan google form yang disebar melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religious commitment berpengaruh signifikan terhadap attitude. Kemudian variabel self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap attitude. Normative Belief berpengaruh signifikan terhadap Subjective Norms. Variabel Attitude berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, dan Halal Literacy dapat memoderasi hubungan antara Attitude terhadap Purchase Intention.